JAPBLOG

Selamat Datang

AYO BUAT SITUS

Anda ingin memiliki web sendiri dengan nama web keinginan anda tanpa ada embel2 lain? Untuk membuat web, dibutuhkan nama Domain (alamat), Hosting (Rumahnya File), dan template (desain). Berikut ini adalah cara membuat website, dengan Domain Gratis dan Hosting Gratis. Sebagai referensi silakan klik situs ini. Situs ini menyediakan domain gratis untuk satu tahun. Menurut saya, waktu satu tahun sudah sangat cukup untuk belajar membuat dan mengembangkan website agar sesuai dengan keinginan kita, apalagi kalau ingin berbisnis di website.

banner domainSetelah masuk di situs ini, ketik nama domain yang anda inginkan, maka situs ini akan mencek apakah sudah ada pemiliknya atau belum. Selain itu, perhatikan bahwa nama domain anda berharga $ 0. Lalu lanjutkan dengan mengklik Continue to Registration dan klik bagian pembuatan NEW ACCOUNT. Isilah kolom-kolom sesuai data anda, lalu klik SET UP untuk mengaktifkan domain anda. Pilih poin 1 (satu) untuk memasukkan nama server dengan kode server1: ketik (ns01.000webhost.com) kode server2 : ketik (ns02.000webhost.com) selanjut nya klik SETUP. Server 000webhost direkomendasikan karena juga gratis, jadi cocok untuk yang ingin memiliki situs murah meriah. Sampai di sini anda sudah mempunyai domain, namun harus menunggu 48 jam untuk aktivasi di server.

banner hostingSekarang kita membuat account di hosting webhost. Kalau tidak ada hosting, situsnya tidak akan muncul. Lihat Tabel Free Hosting klik ORDER NOW yang ada di bawahnya. “I want to host my own domain” ketik nama domain yang telah anda buat tadi. Kolom “I will choose your free subdomain” janga diisi. Isi username dan password, jangan lupa contreng tanda persetujuan. Klik create my account. Periksa email anda untuk konfirmasi agar hosting diaktifkan. Anda sudah memiliki domain gratis dengan hosting gratis. Anda tinggal membuat desain web melalui CPanel yang ada di 000.webhost. Anda masuk dan membuka CPANEL pada hosting 000webhost anda, lalu masuk FILE MANAGER. Setelah itu hapus file default.php yang terdapat dalam direktori public_html. Setelah itu, kembali ke CPANEL, pilih MySQL dan buat nama serta password MySQL anda.

Anda dapat membuat desain web dengan mengunduh template wordpress, karena lebih mudah dipahami programnya untuk yang ingin membuat situs bagi pemula. Download paket template WordPress 2.8.4 gratis di wordpress. Setelah selesai silahkan unzip template yang sudah anda download. Cari file bernama wp-config-sample.php lalu ubah/rename namanya menjadi wp-config.php. Buka file wp-config.php dengan wordpad lalu ganti username, dbname, dan password yang ada di dalam file tersebut. Setelah itu zip kembali semua file yang ada di folder tersebut tanpa menggunakan folder wordpress itu sendiri. GUNAKAN COMPRESSION ZIP ATAU .TAR.GZ (7ZIP) JANGAN MENGGUNAKAN RAR. Buka kembali Cpanel pada hosting 000webhost anda, cari lalu masuk file manager. Buka direktori public_html. Cari tombol upload dan tekan, setelah masuk di kanan bawah anda akan menemukan tempat untuk mengupload file zip anda tadi. Setelah selesai kembali ke  public.html dan buka file readme. Klik pada kata install dan daftarkan email anda untuk mendapatkan password, setelah itu LOGIN. Situs anda sekarang sudah siap didesain dengan wordpress. Anda tinggal merubah tampilan sesuai selera anda. Mudah bukan??? Jangan lupa mengganti password wordpress agar mudah diingat.

Kalau mau menyimpan file pdf tinggal pakai ziddu, gartis dan unlimited space. Copy link file tersebut ke dalam web agar setiap orang yang mengunjungi website anda bisa melihat dan download file tersebut.

Sebagai web baru tentunya pengunjungnya sedikit. Tapi itu bisa disiasati dengan model Traffic Exchange. Daftar saja ke TrafficnowFire dan Anda tinggal daftar dan ikuti saja aturan mainnya. Dijamin jumlah pengunjung web Anda langsung tinggi. Asik kan….

1 Comment »

  1. ulasannya sngat detil mas, tapi untuk mencari c panel itu dimana ya… kok tidak ada di 000webhost…. bingung jadinya…..

    Comment by pamilyh | June 14, 2011 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: