JAPBLOG

Selamat Datang

Lauren Caitlin Upton: Cantik Tidak Berarti Cerdas

south-crolina.jpgSatu peristiwa yang menghebohkan dan tengah menjadi perbincangan masyarakat luas di Amerika Serikat adalah kontes Miss Teen USA 2007, dimana Miss Teen South Carolina memberikan jawaban yang unik atas pertanyaan seorang juri tamu mengenai pendidikan di Amerika Serikat. Pertanyaannya cukup kritis sebenarnya:

“Recent polls have shown a fifth of Americans can’t locate the US on a world map. Why do you think this is?”

“Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa 1/5 warga USA tidak dapat menunjukkan lokasi USA di peta dunia. Apa tanggapan Anda?”
Jawabannya adalah

I personally believe that US Americans are unable to do so because, uh, some people out there in our nation don’t have maps, and, uh, I believe that our education like such as in South Africa and, uh, the Iraq everywhere like, such as and I believe that they should, our education over here in the US. should help the US, er, should help South Africa and should help the Iraq and the Asian countries, so we will be able to build up our future for our children.”

Saya bingung mau menerjemahkannya bagaimana………
Ternyata Miss South Carolina tidak dapat menyusun kalimat dengan baik dan benar.
Cuplikannya ada di http://www.youtube.com/watch?v=-D77VDmMvsQ

Jawabannya mendapatkan cemoohan dari warga dan kegusaran dari kalangan pendidik di USA, karena hal tersebut menunjukkan satu realita bahwa orang tua di USA mendidik anak mereka untuk tampil cantik tanpa harus pintar. Salah satu komentar yang muncul adalah:

“It is sad. This is america. All you have to have is good looks to get by in life. Those less fortunate with looks have to go to school get degrees and still make less than those that are pretty. Hollywood has corupted America”
“Menyedihkan. Inilah Amerika. Anda hanya cukup berpenampilan cantik untuk dapat menikmati hidup. Orang yang penampilannya kurang cantik harus bersekolah dan memperoleh gelar tinggi untuk dapat menikmati hidup. Tetapi kalau penghasilannya dibandingkan dengan mereka yang wajahnya cantik, kesenjangannya tetap tinggi. Hollywood telah mengkooptasi Amerika.”

Ungkapan tersebut berdasarkan fakta bahwa puluhan stasiun TV berlomba menampilkan Miss Teen South Carolina di acara talkshow mereka dan memberikan kesempatan kepada gadis muda berusia 18 tahun ini untuk memberikan jawaban yang benar atas pertanyaan juri…….

Bagaimana dengan Indonesia? Kabar baiknya mulai tumbuh kesadaran bahwa sinetron yang kerap menampilkan bintang-bintang muda yang cantik sebagai hiburan tidak bermutu, menyesatkan, dan memberikan pendidikan yang salah mengenai generasi muda. Kabar buruknya, masih banyak anak-anak muda dan orang tua yang berlomba-lomba untuk menjadi selebritis. Gaya hidup selebritis yang mewah seolah menjadi satu standar acuan hidup yang mapan dan terbebas dari kemiskinan.

Bagaimana nasib generasi muda Indonesia di masa depan……?

August 30, 2007 - Posted by | GELISAH

2 Comments »

  1. Bung, saya kira generasi muda kita malah terlalu banyak nonton televisi dan jarang membaca. Dan nontonya sinetron lagi. ah terbayang bagaimana ini.

    Comment by agusnews | September 7, 2007 | Reply

  2. sinetron yang kurang bermutu memang membawa dampak yang amat terasa di masyarakat terutama ibu-ibu yang pengen anaknya sukses dengan secara langsung atau tidak langsung mengikuti cara dari tokoh cerita yang ditonton.Menyedihkan…….kapan ada sinetron yang bermutu?yang ceritanya bisa membawa dampak positif wat smua kalangan masyarakat

    Comment by wiwin | January 7, 2010 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: