JAPBLOG

Selamat Datang

Nokia E65 Tanpa Sim Card..?

Saya dapat kiriman artikel menarik dari teman saya.

 

VoIP DasyatBerponsel tanpa menggunakan SIM

Surabaya, Gelaran VoIP DahsyatJawa Timur yang dilangsungkan di Hotel Sheraton, Surabaya , Selasa (13/3/2007) melampaui perkiraan. Dari target awal 100 peserta, yang kemudian didongkrak menjadi 130 peserta, ternyata akhirnya dihadiri oleh 170 peserta. Beberapa peserta bahkan nekat datang di hari-H, dan ngotot ikut dengan bayar di tempat.


Peserta seminar dan tutorial ‘VoIP Dahsyat: Implementing Affordable and Reliable Telephony Serviceitu kebanyakan adalah perwakilan dari institusi dan bukan peserta individu. Perwakilan institusi yang hadir seperti dari sebuah Rumah Sakit di Kediri, Perusahaan Listrik Negara, dan Telkom.

Antusiasme peserta menghadiri acara tersebut boleh dibilang luar biasa. Beberapa peserta dari Bandung juga hadir bahkan sebelum acara dimulai. Total, ada sekitar 20 orang peserta yang mau menunggu sejak pukul 08.00 WIB. Padahal acara itu dijadwalkan mulai pukul 09.30 WIB.

Acara dibuka oleh Romi Budiarjo, Koordinator Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) wilayah Jawa Timur. Disusul dengan presentasi pertama dari Onno W. Purbo.

Primadona dari Finlandia
Setelah pengenalan Voice over Internet Protocols (VoIP), giliran Trisnawan Tjipto, Marketing Manager Nokia Indonesia , yang unjuk gigi menceritakan keunggulan Nokia E65. Nokia Seri E65 ini segera menjadi primadona bagi pesertaVoIP Dahsyat‘.

Kebanyakan peserta kagum karena Nokia E65 mampu untuk langsung mengenali dan menelepon ke sesama Nokia seri E dalam jangkauan jaringan internet nirkabel tanpa harus mengaktifkan SIM Card. Selama dalam satu jaringan WiFi, sesama ponsel E65 bisa langsung melakukan panggilan. Hal ini dimungkinkan dengan memanfaatkan teknologi VoIP dengan Session Initiated Protocols (SIP).

Bahkan Onno sendiri sempat dibuat kagum dengan teknologi yang diusung ponsel buatan Finlandia ini. Nokia seri E65 kurang lebih baru seminggu belakangan memasuki pasaran Indonesia , sehingga masih belum terlalu dikenal.

Dalam kesempatan itu didiskusikan juga penggunaan Nokia E65 dalam jaringan Wimax. Pemerintah memang memiliki rencana untuk membuka tender penyelenggara jaringan Broadband Wireless Access yang salah satunya populer dengan sebutan Wimax.

Berponsel Tanpa Sim Card
Setelah makan siang, acara yang berlangsung di Sriwijaya Room, Mezzanine level Lantai 2, Hotel Sheraton Surabaya ini, dilanjutkan dengan materi dari Nasrudin Ismail, Solutions Development Manager, divisi Business Solution, PT Excelcomindo Pratama (XL).

Nasrudin memaparkan materi bertajuk ‘Fix & Mobile Convergence Solution with VoIP‘. Ia memfokuskan penyampaiannya pada beberapa layanan yang diberikan oleh Business Solution XL bagi corporate yang ingin menurunkan biaya telekomunikasi dengan basis teknologi Internet Protocols.

lagi-lagi peserta dibuat kagum dengan inovasi yang dihadirkan. Nasrudin melakukan demonstrasi dengan menelepon ke ponsel rekannya yang berada di dalam ruangan yang sama. Hebatnya, ia melakukan itu tanpa SIM Card maupun jaringan GSM.

Setelah XL, Onno kembali manggung dengan tutorial praktek instalasi VoIP. Tidak kurang dari 10 jenis alat ada di atas meja peraga di panggung, Onno pun mulai beraksi layaknya seorang koki menyiapkan makanan kelas dunia.

Sepanjang acara, beberapa peserta tampak menyempatkan diri menggunakan notebook untuk memanfaatkan fasilitas internet nirkabel WiFi yang disediakan oleh penyelenggara. Agaknya para peserta juga bisa bekerja sambil mengikutiVoIP Dahsyat‘.

Acara ini didukung oleh Nokia Indonesia , XL, Asean Foundation, dan APJII Jawa Timur.

March 16, 2007 - Posted by | TEKNO

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: