JAPBLOG

Selamat Datang

Busway… nasibmu

9 Maret 2007

Di tengah kemungkinan terjadinya ancaman badai george dan jacob di Jakarta, saya menuju ke kawasan Merdeka Barat dengan naik busway dari Blok M menuju Kota. Jika Anda membayangkan layanan busway seperti yang dikampanyekan Sutiyoso dua tahun lalu, maka siap-siaplah anda kecewa.

busway.jpgSetelah membeli karcis, portal untuk dilalui penumpang sudah banyak yang rusak. Bahkan yang menyedihkan petugas yang menjaga tidak berseragam. Saya tidak tahu apakah itu benar petugas yang resmi atau outsourcing. Satu hal tidak ada pegawai berseragam transjakarta di portal yang harus dilalui penumpang.

Hal lainnya adalah AC berhembus dengan kencang di dalam bis tanpa ada alat untuk mengontrol arah hembusan AC. Dikarenakan bus yang penuh, saya terpaksa berdiri. Akan tetapi posisi berdiri menjadi tidak nyaman karena terkena “angin gunung” yang dingin di kepala saya. Saya mencoba berpindah posisi supaya tidak masuk angin, ternyata tidak ada perbedaaanya karena di sisi satunya juga sama kondisinya.

Hal lain yang mengejutkan saya, jembatan penyebrangan yang dipakai untuk jalur busway mulai ramai oleh PKL dan pengemis. Inilah hasil “penyilangan” kemajuan teknologi dengan kultur masyarakat Indonesia yang rendah pendidikannya. PKL, pengemis, preman, pemulung, dan lainnya seolah sudah tidak mungkin lagi dihadang di fasilitas publik yang modern.

Kalau dua tahun lalu Bang Yos sering marah hanya gara-gara PKL di jembatan dan copet di busway, sekarang dia tenang-tenang saja. Tampaknya taring beliau sudah mulai keropos seiring berakhirnya masa jabatannya sebagai Gubernur DKI pertengahan tahun ini. Apakah pergantian pemimpin selalu menjadi sandyaningkala fasilitas publik modern yang nyaman dan aman?

March 9, 2007 - Posted by | CERPEN

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: